Unduh Adobe Flash player
Selamat Datang Di Website Kami WAProduction.co.ccc

Sabtu, 12 November 2011

Tehnik Instalasi Speaker Toa

Belum banyak orang paham bagaimana cara pemasangan speaker TOA yang baik sehingga diperoleh suara yang enak didengar dan awet alias tidak cepat rusak. Kebanyakan orang masih banyak yang berfikir bahwa cara pasang speaker TOA sama dengan cara pemasangan speaker yang mereka miliki dirumah, sehingga yang didapat suara yang dihasilkan tidak sesuai harapan, yang terkadang berujung kerusakan speaker atau kerusakan amplifier. Tips singkat berikut mungkin bisa membantu bagaimana memasang speaker TOA yang baik dengan suara yang enak didengar dan awet.
1. Pemahaman Low Impedance dan High Impedance
Impedance ( impedansi ..red ), adalah komponen yang penting dalam sebuah speaker. biasa di tulis dengan tulisan : Imp.   ( baca 8 Ohm ).
Pada umumnya Impedansi speaker adalah 4 ohm dan 8 ohm yang banyak dijumpai dipasaran. Tetapi Impedansi speaker TOA dibedakan menjadi 2 macam yaitu Low Impedance ( impedansi rendah ) dan High Impedance ( impedansi tinggi ).
> Low Impedance : impedansi rendah, diantaranya 4 ohm, 8 ohm dan 16 ohm.
> High Impedance : impedansi tinggi, diantaranya 83 ohm, 1 K ohm, 2 K ohm, dst.
Cara Pasang
Speaker dengan Impedansi rendah hanya bisa dipasang ke output ampifier yang memiliki output impedansi rendah. Bila menggunakan Ampifier TOA, maka dipasang di Com-4 ohm.
Sedangkan speaker dengan Impedansi tinggi, hanya bisa dipasang di amplifier yang mempunyai output impedansi tinggi atau mampu mengeluarkan tegangan output tinggi. Bila menggunakan amplifier TOA, maka pemasangan di output Com-100V.
Lebih jelasnya perhatikan perbedaan cara pasang pada blok diagram berikut.
Blok Diagram Low impedance speaker & High Impedance speaker
Ciri speaker dengan impedansi tinggi :
a. Didalamnya terdapat Matching Transformer ( MT ) yang terpasang didalam speaker
b. Model-model produk TOA sudah dibuat spesifik antara yang Low impedance dan high impedance.
    > Speaker Low Impedance : ZH-5025B, ZH-4015, ZH-610S, ZS-F2000B, dst
    > Contoh speaker High Impedance : ZH-5025BM, ZH-4015M, ZH-610SM,
       ZS-1030B, ZS-102C, ZS-202C, ZS-F2000BM, dst
–>> Pada umumnya dibelakang model diberi kode ” M “, tetapi ada beberapa produk yang memang sudah dirancang khusus untuk Speaker High Impedance : ZS-102C, ZS-202C, ZS-1030B, ZS-1030W, dll.
Perhatikan ilustrasi dibawah ini, bagaimana cara menyambung speaker ke Amplifier.
Pemasangan speaker low impedance
                   * Pemasangan speaker low impedance ke output Amplifier
Pemasangan speaker High Impedance
              * Pemasangan speaker High Impedance ke output Amplifier
2. Penggabungan beberapa speaker ke Amplifier
Dari beberapa kasus yang terjadi didalam pemasangan speaker di Masjid yaitu penggabungan antara Horn speaker ( ZH-5025B) dengan Column speaker (ZS-202C ), dimana speaker horn keras sedangkan Column speaker suaranya kecil. Biasanya teknisi Masjid mencoba-coba terminal output amplifier dari com-4 ohm ke com – 70v. Untuk column speaker memang lebih keras tetapi yang menjadi masalah yaitu horn speaker sering mati / rusak. Dimana sebenarnya kesalahannya ? Mari kita kupas satu-persatu.
ZH-5025B adalah tipe speaker dengan impedansi rendah, dimana pemasangannya ke amplifier di com – 4 ohm, sedangkan ZS-202 adalah speaker dengan impedansi tinggi, dimana pemasangannya ke output amplifier di com-100V. Dengan melihat uraian ini maka jelaslah bahwa ZH-5025B tidak bisa digabung begitu saja dengan ZS-202. Jadi tidak bisa speaker impedansi rendah digabung dengan speaker impedansi tinggi, tetapi speaker impedansi rendah harus digabung dengan speaker impedansi rendah juga, dan speaker impedansi tinggi harus digabung dengan speaker impedansi tinggi juga.
Perhatikan ilustrasi berikut untuk lebih jelasnya.
> Pemasangan speaker impedansi rendah
Pemasangan speaker impedansi rendah
> Pemasangan speaker impedansi tinggi
pemasangan speaker impedansi tinggi
3. Merubah Horn speaker impedansi rendah ke speaker impedansi tinggi
Apabila di Masjid sudah ada speaker ZH-5025B ( impedansi rendah ), tidak perlu beli lagi tapi cukup beli Matching transformer model : ZT-351 dengan kapasitas daya sampai 30 Watt.
Pemasangan mudah yaitu kabel ZH-5025B di hubungkan ke output MT dan input MT dihubungkan ke amplifier. Pilih tap input MT di daya 25W ( sesuai dengan daya ZH-5025B = 25 Watt ). Lihat blok diagram berikut.
Blok diagram pemasangan MT ke Speaker Horn Speaker
Agar hasilnya optimal, maka penempatan MT jangan terlalu jauh dengan Horn speaker, pasang didekatnya, misal : di Angelnya / bracketnya. Lihat gambar dibawah.
Pemasangan MT ke speaker
http://beningaudio.com/25/instalasi-speaker-toa

6 komentar :

  1. Alhamdulillah...makasih ya, informasinya ngebantu banget nih...

    BalasHapus
  2. ok..sama-sama gan....,terima kasih sdh mampir kemari

    BalasHapus
  3. assalamualaikum w.b. mu nanya ..? kalo ampli toa 120w + toa 3pc, bagaimana cara pemasangannya, biar suara kedengeran dari jarak jauh dan toa tdk gampang rsk.

    BalasHapus
  4. numpang nanya Bos....?ampli toa 120w + toa 3pc.bagaimana cara pemasangannya ..? biar suara kedengaran dr jarak jauh & toanya bisa awet alias nggak gampang jebol. tanks

    BalasHapus
  5. wa'alaikum salam @bang dimas..,untuk pema
    sangan speaker horn ( Toa ) biar kedengaran dr jarak jauh dan bisa awet tergantung cara pemasangan kabel coloknya outnya juga perawatannya + juga penambahan barang seperti equalizer,mixer juga powernya,..cuma kebanyakan salah pemasangan pada amlpi ( Toa) output nya ,sehingga daya yang di keluarkan dari output 8 ohm (Com) - 100 itu untuk daya tinggi namun horn (Toa)tidak di dukung MACTHING transformer model : ZT-351 / sejenisnya, wal hasil speaker horn itu tidak bisa menahan arus tinggi sehingga umurnya tidak lama alias almarhum,..hee,..hee,..meski speaker horn (Toa) itu baru.

    jadi,untuk kasus @bang dimas ga usah kwatir coba di cek dl kabelnya pada numpuk ga disatu outputnya,..kl bisa saran saya lebih baik out put dari ampli toa untuk atsa sebaiknya 2 kabel saja biasnya hitam merah,nah untuk paralelnya sebaiknya di atas saja berdekatan dengan toa yang lainnya.

    dan coba beli satu matching untuk satu toa dan bedakan suaranya pake matching dengan yang tidak pakai matching.selamat mencoba ya

    BalasHapus
  6. Assalamu'alaikum
    mas, saya punya ceiling speaker ZS-646R mau saya setting 3 W, yang cocok pake matching transformer TOA seri apa ? trus wiring diagram pengawatannya sekalian ya ...kalo gak repot, tks.
    wassalam

    BalasHapus